Pengertian Animasi
Animasi adalah serangkaian gambar yang
tetap, bila dilihat dalam suksesi cepat, memberikan kesan gambar
bergerak. Kata animasi berasal dari arti kata-kata anima hidup Latin,
dan animare makna untuk bernapas kehidupan ke. Sepanjang sejarah, orang
telah mempekerjakan berbagai teknik untuk memberikan kesan gambar
bergerak (answers.com 2011)
Prinsip-prinsip fisik dan psikologis mengapa animasi bisa bekerja yaitu :
- Adanya fenomena biologi yang disebut persistensi penglihatan dan fenomena psikologi yang disebut phi
- Sebuah objek yang dilihat mata manusia masih tersimpan secara kimia di retina mata selama beberapa saat setelah penglihatan
- Serangkaian image diubah secara perlahan dan sangat cepat, satu sesudah yang lain sehingga tampak berpadu ke dalam ilusi visual gerak
- Berikut ini ditunjukkan beberapa frame dari logo bola memantul
Ketika
frame-frame berubah secara progresif dan cepat, bola akan tampak
memantul, maka terdapat ilusi perubahan gambar, sesuai dengan teori yang
disebut dengan persistensi penglihatan (persistance of vision).
Animasi biasanya dipersentasikan dengan cara:
- Video televisi membutukan 30 frame atau gambar setiap detik
- Kecepatan setiap frame digantikan oleh frame lain membuat image tampak bergerak dengan halus
- Gambar hidup dalam film biasanya diambil dengan angka 24 frame per detik
- Trik proyeksi (lensa pengatur cahaya dari proyektor memancarkan cahaya ke tiap image sebanyak dua kali), angka kedipannya meningkat menjadi 48 kali per detik sehingga mata manusia seolah melihat gambar bergerak (Vaughan Tay 2006).
Asal usul Animasi Cel
Animasi
cel adalah suatu teknik animasi yang dipopulerkan oleh Disney,
menggunakan serangkaian grafis progresif berbeda dalam setiap frame film
bioskop (yang dimainkan 24 frame per detik). Animasi dalam satu menit
membutuhkan frame terpisah sebanyak 1.440.
Kata
cel diambil dari lembar seluloid (celluloid) bening, digunakan untuk
menggambar setiap frame, yang saat ini diganti dengan asetat atau
plastik. Cel dari kartun animasi terkenal selalu dicari, cocok untuk
membuat frame untuk item-item-item para kolektor.
Pembuatan Animasi Cel
Keyframe; merupakan frame pertama dan terakhir dari sebuah aksi. Misalnya, animasi orang berjalan
Keyframe
pertama dibuat menggambarkan satu langkah menumpukkan berat tubuhnya
saat melangkah pada telapak kaki dan kiri, sementara pusat gravitasinya
mengarah ke depan.
Selanjutnya
dibuat frame-frame yang menyelaraskan berat tubuhnya pada satu telapak
kaki dan diikuti dengan serangkaian jatuh dan angkatan langkah, dengan
telapak kaki berbeda dan kaki terangkat untuk mendukung tubuhnya.
Keyframe
terakhir adalah telapak kaki dan kaki kanan menahan jatuhnya tubuh,
dengan pusat gravitasi berpusat diantara ayunan langkah dan posisi kaki
kiri dan kanan berjauhan.
Tweening adalah suatu pergerakan dari keyframe dan frame
Tweening
membutuhkan kalkulasi jumlah frame dan waktu, antara keyframe dan
jalannya aksi yang berlangsung. Urutan waktu dicek dengan memutar
kembali frame. Biasanya sketsa frame menggunakan pensil. Frame berpensil
dipasang dan kemudian difilmkan sebagai pensil penguji untuk mengejek
kehalusan, kontinuinitas, dan waktu.
- Jika pengujian sudah memuaskan, frame yang dibuat dengan pensil akan diberi tinta, difotokopi ke dalam cel, dan diberikan kepada para seniman yang menggunakan warna akrilik untuk menggambar masing-masing cel secara detail.
- Dibuat judul teks, latar belakang, halaman muka, karakter (mungkin dengan cel terpisah untuk lengan kiri, lengan kanan, kaki, sepatu, tubuh, dan fitur wajah) diregistrasi dan diatur dengan hati-hati. Komposisi inilah yang menjadi frame foto tunggal yang final dalam animasi film.
0 komentar:
Posting Komentar